Memperbaiki MicroSD Yang Rusak+Mengembalikan Data

00.43

Memperbaiki MicroSD Yang Rusak + Mengembalikan Data  - MicroSD merupakan bagian yang cukup penting karena berisi data-data kita didalamnya. Tutorial ini sebenarnya saya buat berdasarkan pengalaman saya dimana microSD saya tiba-tiba tidak terdeteksi,

 Lebih jelasnya :

 Ketika microsd itu dipasang di hp android saya, muncul pesan "SD Card Blank or have unknown file system" dan jika disentuh pesan itu maka akan diminta untuk memformatnya

 Ketika microsd itu dihubungkan ke komputer melalui cardreader, dan saya buka, muncul pesan "The disk in the drive G is not formatted Do you want to format it now ?"


Ketika saya membuka Link2SD (Disimpan di memori internal), partisi FAT32 tertulis "Sdcard nofs"

Ketika saya membuka Software Mini Tool Partition Wizard, partisi microsd yang seharusnya FAT32 menjadi Other




Banyak sekali data2 penting saya di microSD dan tiba2 lenyap. Untungnya saya tidak segera memformatnya. Jadi kalau kalian muncul masalah begini JANGAN DIFORMAT TERLEBIH DAHULU. Sayapun akhirnya menemukan solusinya yakni dengan menggunakan Software yang mampu merecover partition. Dari beberapa Software Recovery yang telah saya coba yakni Eassos Recovery, Find And Mount Partition, Stellar Phoenix Recovery, iCare Data Recovery, dan Recuva, ternyata yang memuaskan dan berhasil yakni iCare Data Recovery

Dan berikut akan saya jelaskan tutorial mengenai  Memperbaiki MicroSD rusak, MicroSD tak terdeteksi, MicroSD Blank, MicroSD Corrupted, Partisi Hilang/Tak terdeteksi, Partisi FAT32 MicroSD Hilang, MicroSD minta diformat, MicroSD/SDCard menjadi nofs, MicroSD/SDCard unknown file system.

Bahan :

Komputer/Laptop
CardReader
Software iCare Dara Recovery

Langkah-langkah :
1) Download iCare Data Recovery link : i care data recovery

2) Download serial keynya link : serial key

3) Install Software iCare Data Recovery di komputer

4) Buka software itu

5) Klik Register

6) Masukan kode serial number yang tadi telah kalian download




7) Pilih lost partition recovery




8) Pilih drive microsd anda yang terdeteksi, disini saya menggunakan microsd 4 GB (3.78 GB)





9) Klik tombo recover yang ada di pojok kanan bawah




10) Silahkan ditunggu



11) Beri centang semua kecuali Raw Files, Dir0, dan folder aneh yang bukan asli di dalam microsd




12) Sebelum klik save files, cek apakah selected file itu ukurannya mencukupi
13) Lalu Save files





14) Pilih tempat yang digunakan sebagai recovering



15) Tunggu proses Recovery files, biasanya memakan waktu yang lama tergantung besar kapasitas microSD, ukuran file/folder yag akan direcover, class microSD, dan lain-lain



16) Selesai merecover, sekarang buka folder tempat sdcard itu direcover, contohnya ini :



17) Sekarang tinggal format sdcardnya
18) Terus pindahkan isi microsd yang telah direcover di komputer (contoh di local disk D/E) ke sdcard tadi
19) Selesai.

SEMOGA BERMANFAAT MAAF CHIBI CUMA MAU BERBAGI :)

SUMBER : ilmu-android.blogspot.com

You Might Also Like

1 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images